Selasa, 10 Februari 2015

Pilih Belanja Online atau Offline?

Hallo guys, apakabarnya? udah punya pacar? :D 
Berbelanja merupakan kegiatan rutin untuk mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan. Namun perkembangan teknologi membuat beberapa perubahan besar dalam berbelanja, yaitu toko online yang mulai mendobrak eksistensi dari toko tradisional atau offline.




Tren berbelanja online tahun ini sedang naik dibanding sebelumnya, dan makin banyaknya toko online bertebaran bagaikan jamur di musim hujan di indonesia, dari tokobagus.com, plasa.com, berniaga.com,tokopedia sampai macam-macam toko online yang digeluti para pemuda masa kini. Sebenarnya apa sih kelebihan dari toko online dibanding toko offline. Check this out yo..

Lebih Mudah dalam Komparasi Harga
Beberapa tipe orang (biasanya cewek atau ibu-ibu) sangat sensitif masalah harga, kadang selisih perbedaan harga sedikit antara barang yang sama, membuat kesal. Dengan adanya toko online mereka dapat comparasi harga, barang di website mana yang lebih murah, dan beberapa perusahaan kadang menawarkan sistem beli banyak dapat murah, sehingga sistem mengumpulkan pembeli untuk mendapatkan harga tertentu dimanfaatkan oleh groupon sebagai sistem bisnis baru.


Cakupan Pasar Lebih Luas 
Kelebihan paling krusial dari toko online adalah cakupan pasarnya yang lebih luas, sehingga kemungkinan mendapatkan pelanggan diseluruh dunia tinggi. Namun efeknya kita memerlukan tim yang mengurus pengiriman barang.
Tapi guys, semua yang ada kelebihan pasti ada kekurangannya karena didunia ini tidak ada yang sempurna, cause yang sempurna itu cuma Allah SWT :D , Nih guys kekurangan toko online

Rentan Penipuan
Penipuan toko online memang rentan terjadi, semua orang yang ingin membeli barang di toko online pasti hal pertama yang ditakutkan adalah penipuan. Penipuan disini mencakup banyak, bukan hanya uang semata guys, bisa gara-gara barangnya gak sesuai, barang datang lebih dari waktu yang dijanjikan,atau masih banyak lagi guys.
Tambahan Biaya Pengiriman
Tambahan pengiriman juga sering dikeluhkan oleh pelanggan toko online, karena bila yang beli adalah orang jauh, maka bisa saja tarif pengiriman bisa lebih besar dibanding harga barang, oleh karena itu tarif pengiriman sering kali menjadi keluhan pembeli online.
Cukup dengan toko online mari kita review tentang Toko Offline
KELEBIHAN
Konsumen bisa secara langsung melihat produk yang hendak dibelinya. Jadi mereka dapat mengecek kelayakan dan kualitas barang sebelum membayar.
Dengan bertemu muka dengan customer di lokasi, akan mengurangi resiko penipuan.
Adanya interaksi antara penjual dan pembeli yang dapat memberikan keakraban, sehingga akan lebih nyaman dalam melakukan transaksi.
Proses transaksi jual-beli yang cepat, karena setelah konsumen merasa puas dengan produk yang sudah dipilih, mereka dapat langsung membayarnya di kasir.


KEKURANGAN

Si penjual akan terus terbebani dengan adanya biaya sewa toko, jika dalam kasus ini dia menyewa bangunan dari orang lain. Lain halnya kalau dia memiliki bangunan sendiri.

Pemilihan lokasi toko juga sangat menentukan jumlah kedatangan customer. Penjual harus pintar-pintar membaca lingkungan tempat dia akan membuka toko. Lokasi strategis dengan banyak orang berlalu-lalang tentunya akan meningkatkan banyaknya konsumen yang datang.

Selain kios yang harus didekorasi dengan menarik untuk menarik minat pengunjung, owner toko juga harus membeli banyak perlengkapan untuk mendisplay produknya. Semua item tersebut pastinya akan membutuhkan biaya yang banyak.

 Belum lagi untuk stok dagangan yang membutuhkan tambahan ruangan untuk menyimpannya. Kadang ada yang terpaksa menyewa bangunan lain sebagai gudang karena tokonya kecil.

Dalam mengelola sebuah toko, pastinya diperlukan bantuan orang lain sebagai karyawan untuk menjaga kasir, membuka dan menutup toko, melayani pembeli, dan membersihkan ruangan.

That's It! Itu semua kekurangan dan kelebihan toko online dan offline, jadi conclusionnya adalah sah-sah aja kamu mau belanja via online atau offline, karena tidak ada hukum yang melarang kamu untuk memilih kedua hal itu, tapi inget satu yang harus kamu utamakan dalam berbelanja adalah KENYAMANAN dan KEAMANAN. Percuma harga murah tapi gak aman, harga mahal aman tapi suasana toko kumuh :D

Oke guys semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar